Pertolongan Pertama dan Cara Tangani Laptop Yang Tersiram Air

GusHarian - Hari ini admin akan share tentang Pertolongan Pertama dan Cara Tangani Laptop Yang Tersiram Air, ini tips penting untuk mengatasi laptop yang tersiram air.

Kemajuan teknologi telah memberi kita banyak penemuan luar biasa termasuk smartphone dan laptop. Barang-barang ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, kadang kala kita harus membawanya setiap saat. Yang namanya barang elektronik apapun itu, akan rentan terhadap kerusakan apalagi sampai tersiram air.

Pertolongan pertama dan cara mengatasi laptop yang tersiram air

Untuk mahasiswa, laptop adalah pilihan terbaik dibandingkan komputer, karena mudah dibawa kemanapun anda beraktifitas. Namun sayangnya, kadang kala terjadi hal yang sama sekali tidak mengenakkan saat laptop tersiram air. Yah ini pasti kelalaian anda, tidak mungkin anda sengaja melakukannya bukan.
Baca Juga: Inilah Calon Pengganti Sistem Operasi Android Buatan Google

Cara Tangani Laptop Yang Tersiram Air

Laptop adalah barang elektronik yang rentan terhadap air, perangkat dalam laptop sangat kecil. Kemungkinan jika laptop tersiram air maka akan langsung meresap kedalam motherboard yang mengakibatkan kerusakan. Saat ini terjadi, Anda dapat meminimalisir kerusakan dengan cara sebagai berikut:
  • Langsung matikan laptop
  • Melepaskan kabel charger cas
  • Dan melepas baterai laptop agar menghindari kontak dengan air

Balik posisi laptop

Putar balik posisi laptop, ini memungkinkan air keluar tanpa sisa. Lepaskan unit dan bersihkan kelembaban dari bagian dalam dengan kain bersih yang mudah menyerap air, lalu biarkan laptop selama satu sampai dua hari hingga laptop benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Baca Juga: [ 100% Berhasil ] Cara Mengatasi HP Yang Terkena Air

Anda juga bisa meletakkannya di depan kipas untuk membantu pengeringan. Anda juga harus ingat untuk mengeringkan baterai laptop juga. Jangan gunakan pengering rambut, karena ini akan menyebabkan lebih banyak kerusakan dengan melelehkan beberapa komponen pada motherboard dan mungkin menyebabkan korsleting.

Letakkan dalam beras

Mengeringkan laptop dengan menjemurnya dibawah sinar matahari secara langsung sangat tidak dianjurkan, lebih baik letakkan laptop bercampur dengan beras. Tutupi seluruh bagian laptop dengan beras, beras memiliki afinitas yang sangat tinggi terhadap air oleh sebab itu beras akan menyerap semua air yang berada didalam maupun diluar bagian laptop sehingga benar-benar kering dan tunggu selama satu sampai dua hari.

Jika anda telah mencoba semua tips ini dan laptop anda tidak berfungsi, maka segera bawa laptop anda ke reparasi yang ahli. Pastikan mereka ahli dalam bidangnya.

Untuk melindungi laptop anda dikemudian hari, kami sarankan untuk membeli pelindung keyboard berbahan plastik yang tahan air. Namun perlu diperhatikan, jangan sampai menutup sirkulasi udara karena dapat menyebabkan laptop mudah panas.

Demikianlah artikel mengenai Pertolongan Pertama dan Cara Tangani Laptop Yang Tersiram Air, semoga terbantu melalui artikel ini. Jangan lupa share, siapa tahu teman anda sedang membutuhkan informasi ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pertolongan Pertama dan Cara Tangani Laptop Yang Tersiram Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel