Pengertian Atribut HTML Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya

Gus Harian - Hari demi hari telah dilewati, tahun demi tahun sudah terlampaui. Seiring dengan kemajuan zaman, mendapatkan informasi adalah hal mudah. Melalui jaringan internet, informasi apapun dapat dilihat mulai yang berupa text, foto maupun video. Semuanya tinggal klik, laksana ketukan jari Thanos untuk mendapatkan segalanya.

Pengertian Atribut HTML Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya

Berbicara mengenai informasi internet, maka tidak akan lepas dari sebuah halaman yang menyuguhkan segudang data. Dibalik halaman tersebut, sebenarnya berupa kumpulan kode pemrograman yang digunakan untuk menampilkan data-data berupa text, foto dan video.

Baca Juga: 5 Game Balapan Terbaik di Android 2019

Pengertian HTML Beserta Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas hal seputar kode pemrograman dasar yaitu pengertian HTML menurut para ahli beserta fungsinya. Kode-kode ini dibuat untuk membentuk suatu halaman web mulai dari yang sederhana hingga level yang lebih kompleks.

Pengertian dari HTML adalah sekumpulan kode pemrograman yang digunakan untuk membuat dokumen elektronik atau biasa disebut dengan page, yang nantinya ditampilkan di World Wide Web. Pada setiap halaman memiliki serangkaian koneksi ke halaman lain, atau biasa disebut dengan hyperlink.

Setiap halaman web yang biasa diakses melalui jaringan internet, salah satunya dibangun menggunakan kode HTML. Sejarah dari kode HTML sendiri, pertama kali dikembangkan oleh Tim Berners Lee tepatnya pada tahun 1990.

HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language, kode HTML membuat serangkaian struktur pengkodean yang dapat menampilkan teks, gambar maupun video yang dapat dilihat melalui peramban internet atau browser.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Pengertian HTML Beserta Fungsinya - gusharian.web.id</title>
</head>
<body>
 <h1>Contoh Teks Heading</h1>
   <p>Ini adalah penulisan teks menggunakan tag paragraf.</p>
</body>
</html>

Tanpa melalui kode HTML, maka peramban atau browser tidak dapat menampilkan elemen teks, memuat gambar ataupun elemen-elemen lainnya. HTML juga menyediakan struktur dasar halaman web, sedangkan untuk mengatur tampilan banyak yang menggunakan CSS atau Cascading Style Sheets.

Dapat dilihat seperti contoh penulisan tag HTML di atas, hampir semua tag HTML memiliki tag pembuka yang berisi nama atribut <p> dan untuk tag penutup HTML ditandai dengan garis miring </p>.

Pengertian HTML Menurut Para Ahli

Dibawah ini kita sertakan pengertian HTML menurut beberapa para ahli, yang menjelaskan secara singkat mengenai pengertian HTML.

  • Menurut Nugroho: HTML merupakan bahasa pemrograman berupa pemformatan teks untuk dokumen pada jaringan komputer atau biasa disebut sebagai WWW (World Wide Web).
  • Menurut Lia Kuswayatno: HTML merupakan sebuah halaman pada situs web yang saling berkaitan atau biasa di sebut dengan (link).
  • Menurut Astamal: HTML merupakan kumpulan simbol atau tag yang ditulis dengan tujuan untuk menampilkan sebuah halaman web melalui browser.
  • Menurut Arief: HTML merupakan jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan halaman web maupun aplikasi berbasis web.

Bagaimana Cara Membuat dan Melihat Hasil HTML

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, HTML adalah markup language yang dapat dibuat dalam teks editor apapun asalkan disimpan dengan ekstensi file (.htm atau .html).

Untuk editor teks bisa menggunakan aplikasi apa saja, termasuk notepad. Namun untuk memudahkan pembuatan HTML, anda dapat menggunakan teks editor yang dikhususkan untuk bahasa pemrograman seperti notepad++, sublime text, visual code dan lain sebagainya.

Setelah file HTML dibuat, file itu dapat dijalankan atau dapat dilihat secara lokal melalui komputer maupun online yang harus diunggah ke dalam server web. Anda dapat membuka file HTML melalui browser.

Sejak pertama diperkenalkan, HTML telah banyak mengalami kemajuan yang luar biasa. Pihak W3C pun secara terus menerus melakukan pembaharuan, sebagai bentuk keseriusan mereka untuk mengembangkan HTML.

HTML4 diterbitkan pada tahun 1999, sementara versi terbarunya diluncurkan pada tahun 2014. Dalam versi terbaru ini dinamakan HTML5, yang telah memiliki banyak fitur dibanding versi pendahulunya.

Salah satu fitur dari HTML5 adalah dukungan terhadap penyisipan audio dan video yang tidak lagi menggunakan Flash player. Dengan fitur ini, untuk meyisipkan file audio atau video tinggal menggunakan tag <audio></audio> dan <video></video>.

Tentu tidak hanya itu, ada banyak sekali fitur-fitur yang membantu para programmer untuk membuat tampilan HTML mereka lebih unik dan menarik.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Atribut HTML Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya, semoga menambah wawasan anda. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Atribut HTML Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel