Cara Menghindari Boleran atau Rip Current di Pantai

GusHarian - Pantai adalah destinasi wisata yang banyak dikunjungi ketika hari libur, tidak dapat dipungkiri bahwa daya pikat matahari, pasir putih dan lautan yang biru dapat memberi kita ketenangan serta kedamaian di sambut semilir angin yang menyenangkan.

Cara Menghindari Boleran atau Rip Current di Pantai

Ditambah pemandangan yang menawan seakan menghipnotis siapapun yang memandang, berenang menikmati segarnya air laut membuat kita lupa waktu. Menurut para ahli, laut atau pantai dapat memberi efek baik bagi manusia dan bisa menghilangkan kejenuhan dalam pekerjaan maupun jenuh dalam permasalahan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Yang Menambah Pengetahuan Anda

Ombak yang lembut pecah di pantai saat Anda berlari ke air bersama teman-teman Anda. Tetapi sesuatu yang tak terlihat mengintai di bawah air, sesuatu yang dapat membunuh Anda jika Anda tidak menyadarinya.

Sebelum Anda berenang dipantai ketahuilah rambu-rambu yang berbahaya di area pantai, untuk menjaga keselamatan Anda dan keluarga. Berikut ini kita akan membahas mengenai bahaya boleran atau Rip Current.

Boleran atau Rip Current

Rip Current atau biasa disebut boleran adalah arus kuat yang menuju daratan dan kembali kelaut, ini biasa terlihat dan membentuk agak menyempit. Arus ini mengembalikan air ke arah laut yang didorong dari gelombang dan angin, arusnya akan berhenti tepat di luar ombak yang pecah tetapi terkadang lebih jauh dari pantai.

Rip Current biasanya paling kuat di dekat permukaan air dan arus ini bergerak langsung menjauh dari pantai, memotong garis-garis gelombang yang pecah. Ini terjadi di pantai manapun yang memiliki ombak yang memecah. Aliran rip dapat terjadi dalam kondisi air yang relatif tenang. Namun, seiring meningkatnya ukuran ombak, efek robekan meningkat.

Cara menghindari Rip Current

Untuk menghindari diri Anda ataupun keluarga Anda dari arus ini adalah mengenali dulu tanda-tandanya, namun biasanya sulit untuk diperhatikan. Tetapi Anda bisa belajar mengenali bahaya dan menghindarinya.

Cara Menghindari Boleran atau Rip Current di Pantai

Cobalah berenang di mana ada penjaga pantai bersertifikat yang siaga dan bertugas. Namun itu tidak selalu terjadi, masalahnya di beberapa pantai tidak ada penjaga pantai. Anda berenang dengan risiko Anda sendiri, dan keselamatan Anda ada di tangan Anda.

Terkadang Rip Current sulit untuk diidentifikasi dan sulit dilihat, Anda mungkin beruntung mengenali tanda-tandanya. Perhatikan arus air yang bergolak, itu akan berombak dan lautan akan menjadi warna yang berbeda di tempat itu. Anda juga akan melihat bahwa air akan menuju ke laut dan tidak ke garis pantai, arus ini akan menyeret semua jenis sampah laut bersamanya.

Jika Anda benar-benar terjebak dalam arus ini, Anda harus menenangkan diri. Insting pertama Anda mungkin mencoba dan berenang ke pantai, tetapi ini akan sangat sulit dan sampai membutuhkan semua kekuatan Anda untuk mencoba berenang melawan arus tersebut. Arus ini lebih kuat daripada perenang mana pun.

Anda harus mencoba berenang sejajar dengan pantai, sampai Anda melewati arus ini. Setelah Anda melewatinya, Anda dapat berenang kembali ke pantai. Jika Anda kelelahan, usahakan badan Anda selalu mengapung ombak akan menarik Anda kembali ke pantai. Arus ini tidak akan menyeret Anda ke bawah, tetapi akan menarik Anda lebih jauh ke laut

Yang harus Anda ingat, keamanan Anda adalah yang terpenting. Jika Anda melihat arus mirip dengan yang ada di gambar, segeralah cari tempat lain untuk berenang.

Demikian artikel yang membahas Cara Menghindari Boleran atau Rip Current di Pantai, semoga menambah wawasan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghindari Boleran atau Rip Current di Pantai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel