Cara Membuat Lamaran Kerja Dan Beberapa Tips Resume Lamaran Kerja

GusHarian - Untuk meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan, Anda harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan wawancara. Wawancara yang produktif perlu diteliti, direncanakan, dan diimplementasikan dengan baik. Jika Anda memiliki CV (Curriculum Vitae), Anda harus memiliki semua informasi yang Anda perlukan untuk mengisi lamaran pekerjaan. Jika Anda tidak memiliki CV, sekarang saatnya untuk membuatnya.

Cara Membuat Lamaran Kerja Dan Beberapa Tips Resume Lamaran Kerja

Formulir aplikasi digunakan oleh sebagian besar penrekrut untuk menyaring calon karyawan menggunakan informasi selektif dari aplikasi untuk menentukan siapa yang akan mereka panggil untuk wawancara kerja.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Yang Menambah Pengetahuan Anda

Penrekrut sering meminta Anda untuk melengkapi aplikasi setelah mereka mengundang Anda untuk wawancara. Banyak penrekrut menggunakan aplikasi sebagai cara untuk menstandarkan informasi yang mereka peroleh dari semua pencari kerja, termasuk beberapa hal yang biasanya tidak Anda masukkan ke dalam CV Anda. Anda harus melengkapi aplikasi selengkap dan sejujur yang Anda ingat bahwa aplikasi tersebut adalah alat bagi penrekrut untuk memutuskan apakah akan memberi Anda wawancara. Sebelumnya Anda harus membaca dan mengikuti instruksi dengan seksama.

Beberapa tips resume lamaran kerja yang menarik

Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk menulis resume lamaran kerja, tapi gagal ke tahap wawancara, pelamar terkadang salah kaprah dalam menulis resume lamaran kerja mereka. Niatnya ingin menampilkan kemampuan diri dengan menulis berlembar-lembar, namun sayangnya di mata para perekrut yang tidak memiliki banyak waktu.

Sebenarnya hal itu tidak dapat membantu, karena terlalu banyak informasi yang disajikan sampai-sampai inti dari resume anda tidak sepenuhnya tersampaikan. Nah, ada beberapa tips resume lamaran kerja yang menarik perhatian. Berikut poinnya:

1. Strategi Critical Six Seconds First

Tahukah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang perekrut. untuk membaca satu resume lamaran kerja? Apakah 3 menit? atau 30 detik? Ternyata hanya 6 detik, Fakta ini dikemukakan oleh The Ladders dengan menggunakan teknologi lacak mata. Asumsinya, jika per satu resume dibaca dalam 6 detik, maka ada 10 resume yang selesai dalam satu menit. Untuk itu, Resume Anda harus mampu melewati critical six second first atau enam detik pertama ini.

2. Membuat Cerita

Semua orang menyukai cerita yang bagus ketimbang rentetan fakta atau informasi belaka. Sejak kecil, manusia memang lebih mudah mencerna cerita. Ingatan-ingatan akan cerita masa kecil bahkan teringat hingga dewasa. Karenanya tak heran, pewawancara kerja akan menyelipkan pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda". untuk memperoleh informasi yang mudah dicerna, diingat sekaligus tepat sasaran.

3. Komposisi Cerita Resume

Bercerita bukan berarti Anda lantas menyajikan novel kisah hidup Anda sendiri di meja perekrut. Anda tetap harus menjaga kuantitasnya, paling tidak satu sampai dua halaman saja. Cerita yang Anda tulis, perlu memperhatikan teknik dan komposisi. agar cerita Anda efektif dan tidak menyia-nyiakan critical six second first.

4. Tunjukkan Tapi Jangan Beritahu

Di bagian ini, kemampuan Anda dalam mengolah kata sangat diperlukan. Hampir sama seperti bermain teka-teki atau tebak-tebakan. Bedanya, bukan jawaban yang ingin Anda sampaikan sebagai tujuan akhir, tetapi makna diri Anda, bagaimana Anda layak mendapatkan posisi ini. Ketika Anda menunjukkan bukannya memberitahukan, Anda menciptakan penggambaran yang detail di pikiran perekrut. Mereka bisa menarik kesimpulannya sendiri tentang kompetensi Anda, tanpa harus dijelaskan secara panjang lebar. Anda dapat menggunakan cara ini pada bagian keahlian.

Demikian artikel mengenai Cara Membuat Lamaran Kerja Dan Beberapa Tips Resume Lamaran Kerja, semoga menambah informasi anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Lamaran Kerja Dan Beberapa Tips Resume Lamaran Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel