Apakah Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mengajar?

Gus Harian - Guru merupakan penggerak utama dalam belajar mengajar di sekolah. Namun tidak dapat dipungkiri, terkadang guru melakukan suatu kesalahan mendasar yang mungkin tidak disadari. Kesalahan-kesalahan tersebut bukan suatu hal yang negatif, tetapi harus dijadikan suatu pembelajaran agar lebih baik kedepannya.

5 kesalahan guru saat mengajar

Yang perlu digaris bawahi adalah sekecil apapun kesalahan seorang guru saat mengajar akan berdampak terhadap siswa yang diajarnya, apapun itu. Bisa jadi murid akan susah mencerna pelajaran yang diajarkan guru, sehingga murid merasa tidak bersemangat dalam belajar.

Baca Juga: Contoh Wirausaha yang Unik dan Kreatif

Ini merupakan suatu kesalahan yang dampaknya mungkin tidak dapat kita bayangkan dan bukan hal yang sepele, pasalnya guru adalah seseorang yang menjembatani kesuksesan murid dalam pendidikan. Sebagai seorang guru ia memiliki tanggung jawab besar terhadap siswanya, tanggung jawab tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan murid dalam pembelajaran.

Keberhasilan seorang guru dalam mengajar adalah suatu keajaiban yang nyata karena guru bukan hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga mendidik seorang murid untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain dan lebih baik. Untuk itu sering kita dengar kata-kata bijak untuk seorang guru.

Kata bijak untuk guru

Berikut ini kami jabarkan 5 kesalahan guru saat mengajar yang mengakibatkan kurang optimalnya siswa dalam proses pembelajaran.

1. Memaksa murid untuk memahami materi yang diajarkan

Kesalahan saat mengajar yang pertama adalah memaksakan murid untuk memahami materi yang diajarkan adalah hal keliru, terkadang guru suka kesal bahkan jengkel jika murid yang diajarnya tidak langsung memahami apa yang guru ajarkan. Padahal kita tahu setiap anak memiliki keterbatasan dan kelebihannya masing-masing dalam memahami apa yang diajarkan oleh guru.

Oleh sebab itu, guru yang bertindak sebagai pengajar harus memahami perbedaan karakteristik tentang gaya belajar dari siswa tersebut. Terlebih lagi, setiap murid memiliki keahlian yang berbeda-beda dalam setiap pelajaran yang diajarkan.

Ada yang suka dengan matematika (Admin sendiri tidak suka dengan pelajaran matematika, hehehe), ada yang hobi membaca sejarah, hobi menggambar dan lainnya. Ini adalah pekerjaan rumah seorang guru, untuk bisa memahami karakteristik gaya belajar siswanya dan memahami keahlian dari sang murid.

2. Pilih kasih terhadap murid

Sebagai seorang guru saya yakin anda telah menguasai metode pengajaran yang cukup baik. Pada poin kedua ini mungkin masih banyak dijumpai, bahwa seorang guru lebih menyukai murid yang lebih pandai ketimbang murid yang dibawah rata-rata.

Padahal murid lainnya memerlukan perhatian lebih untuk hal ini, bukan hanya murid yang pandai atau murid yang kurang pandai saja tetapi anda harus bertindak adil dalam memperhatikan perkembangan murid anda.

3. Kurang peka terhadap murid

Dalam proses pembelajaran, seorang guru kuasa penuh atas aktivitas dalam kelas. Perhatian terhadap murid akan menjadi prioritas utama bagi guru dalam mengajar, mereka akan senang jika mendapat perhatian atau pujian dari guru.

Namun, kadangkala seorang guru sering mengabaikan perkembangan muridnya. Memberi pujian bagi mereka yang nilainya baik dan memberi masukkan atau motivasi bagi mereka yang mendapat nilai jelek, adalah suatu keharusan bagi seorang guru. Ini akan mendongkrak semangat mereka dalam belajar.

4. Memberi contoh yang kurang baik kepada murid

Guru adalah contoh dan panutan bagi muridnya, untuk itu anda sebagai seorang guru harus memperhatikan perilaku dan materi yang diajarkan.

Jangan berperilaku yang tidak pantas dan mendoktrin mereka kepada sesuatu yang tidak baik. Sebaiknya anda hindari perilaku yang kurang tepat terhadap murid, misalnya mengeluarkan kata-kata kasar didepan murid, menghina, menjelekkan orang dan yang lainnya.

5. Membawa masalah pribadi saat mengajar

Kesalahan saat mengajar yang terakhir adalah membawa masalah pribadi, sangat tidak pantas bagi anda yang berprofesi sebagai guru untuk mencampuradukkan masalah pribadi anda kedalam kelas, terlebih lagi saat mengajar. Ini bisa mengakibatkan kesalahpahaman antara anda dan murid yang anda ajar.

Simpulannya, sebagai seorang guru anda adalah panutan bagi murid-murid anda. Dalam lima poin diatas adalah hanya sebatas contoh kesalahan-kesalahan yang dilakukan guru saat mengajar, dengan kelima poin tersebut kita dapat mengambil pelajaran untuk lebih baik kedepannya.

Demikian artikel ini yang membahas tentang Apakah Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mengajar? Semoga menambah wawasan anda dalam proses pengajaran.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apakah Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mengajar?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel