3 Tips Melindungi Anak Anda Saat Menggunakan Internet

Ini adalah kenyataan yang tidak menguntungkan, tetapi anak-anak adalah pengguna komputer yang paling menjadi korban di Internet saat ini. Berita baiknya adalah ada beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil untuk melindungi anak-anak Anda dari pemangsa online, peretas, dan orang-orang tak bertanggungjawab lainnya yang ingin menyebabkan kerusakan. Artikel ini akan menjelaskan beberapa di antaranya.


1. Gunakan kata sandi atau password

Melindungi anak-anak Anda di komputer adalah mencegah akses mereka ke kata sandi. Ini akan mencegah mereka berbagi kata sandi dengan orang lain dan secara tidak sengaja mengaktifkan peretasan ke sistem Anda. Jika Anda memikirkannya, tidak ada alasan mengapa anak berusia lima, tujuh, atau bahkan dua belas tahun perlu mengetahui kata sandi untuk area sensitif di komputer kecuali Anda telah memberi mereka izin! Bahkan, anak-anak tidak perlu tahu kata sandi yang digunakan untuk mengakses Internet juga. Mungkin sulit untuk mengetikkannya setiap kali mereka ingin online, tetapi lebih baik untuk mengetahui waktu mereka terhubung daripada membiarkan mereka menyelinap online tanpa izin dan pengetahuan Anda tentang aktivitas mereka.

2. Menggunakan komputer bersama saat online

Duduk di sebelah anak Anda saat dia membuka Internet, Anda dapat membimbingnya untuk membuat keputusan yang aman dan cerdas. Anda dapat menyetujui situs web dan menandainya secara bersamaan. Anda dapat memantau percakapan yang dilakukan anak-anak Anda dengan teman-teman mereka dan mengajari mereka perilaku online yang sesuai pada saat yang sama. Anda dapat membuat rekomendasi dan membuat waktu pribadi untuk waktu berkualitas juga.

3. Pemblokiran akses ke web tertentu

Anda dan anak-anak Anda mungkin tidak selalu setuju tentang apa yang pantas, tetapi sebagai orangtua, Anda memegang kendali dan pada akhirnya Anda bertanggung jawab atas keselamatan mereka. Luangkan waktu untuk menyelidiki software yang membuat Anda memegang kendali dan memungkinkan Anda memblokir akses ke situs web tertentu. Jika Anda menggunakan layanan online seperti AOL (America Online), Anda dapat menggunakan pengaturan Kontrol Parental internal untuk memblokir akses ke berbagai ruang obrolan dan situs web. Anda bahkan dapat memblokir pengiriman pesan instan dan email dari siapa saja yang bukan sesama pengguna AOL.

Langkah lain mengharuskan mengajar anak-anak Anda untuk tidak pernah sukarela memberikan informasi pribadi. Dalam situasi apa pun, anak-anak tidak boleh memberikan nama pribadi, alamat rumah, nomor telepon, atau informasi sekolah kepada siapa pun melalui Internet apa pun situasinya. Bahkan informasi ini diperlukan untuk mengikuti suatu kontes, pastikan bahwa Andalah yang membuat keputusan untuk memasoknya dan bahwa Andalah yang melakukannya.

Melakukan semua langkah ini tidak akan mudah. Namun Anda dapat membantu meminimalkan penolakan terhadap upaya pemantauan Anda dengan menjelaskan mengapa Anda mengambil tindakan pencegahan ini. Anak-anak yang lebih kecil mungkin akan menikmati waktu yang Anda habiskan bersama di depan komputer, tetapi anak-anak yang lebih besar dan pra-remaja mungkin membencinya. Untuk membantu membangun sebuah kasus untuk keprihatinan Anda, Anda mungkin ingin menunjukkan kepada anak-anak Anda yang lebih tua beberapa berita yang menunjukkan bahaya yang dihadapi anak-anak yang tidak diawasi. Sayangnya surat kabar ini penuh dengan contoh tetapi dengan bantuan Anda, kami dapat menguranginya di seluruh dunia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel